TIPS MENGATASI ANAK SUSAH MAKAN

Writer: Viny Alfiani

Image

Kasus: “Bunda, anak saya umur 3 tahun, 2 bulan terakhir ini sangat susah sekali makan. berat badan anak saya juga semakin menurun dan sering sakit. Padahal 2 bulan sebelumnya anak saya tidak mengalami masalah dengan makanan. Sebelumnya anak saya memang pernah tidak sengaja menelan duri ikan dan merasa kesakitan. Apa yang harus lakukan terkait kondisi anak saya Bunda? Mohon saran nya”. (Bu Ema, Malang)

 

Dear Bu Ema..

Banyak faktor yang menyebabkan anak susah makan, antara lain masalah penyakit (alergi, infeksi, gangguan mengunyah dan menelan), makanan yang kurang menarik dan kurang bervariasi, dan faktor psikologi. Dari penjelasan ibu terkait kondisi anak, besar kemungkinan penyebab anak ibu susah makan dikarenakan faktor psikologi.

Anak ibu sepertinya memiliki pengalaman aktivitas makan yang tidak menyenangkan akibat tidak sengaja menelan duri. Besar kemungkinan akibat kejadian tersebut anak ibu jadi memiliki pemikiran bahwa aktivitas makan merupakan aktivitas yang tidak menyenangkan bahkan dapat menyakiti dirinya.  sehingga dari permasalahan tersebut, saya memberikan beberapa tips agar anak ibu tidak susah makan lagi.

  1. Untuk pertama kali, Bu Ema bisa mengubah pemikiran anak ibu terkait aktivitas makan, yang mana awalnya makan adalah aktivitas yang tidak menyenangkan dan menyakitkan menjadi aktivitas yang menyenangkan. Untuk menciptakan susasana yang menyenangkan, ibu bisa sambil menyetel  lagu-lagu anak, bermain sambil makan atau dengan makan bersama-sama anggota keluarga yang lain. Ini akan menimbulkan efek mood yang baik untuk anak karena dia akan merasakan suasana yang hangat dan menyenangkan. Sehingga anak tidak berpikiran lagi bahwa makan adalah aktivitas yang tidak menyenangkan.
  2. Berilah variasi menu makanan dan penampilan dari makanan yang menarik dan lucu. Sehingga dapat membuat anak tertarik untuk makan. Contoh: menyediakan makanan telur dengan dihiasi wortel dan cabe merah yang membentuk gambar kepala yang lucu dan tersenyum. Contoh lain saat membuat nasi goreng, kita bikinkan seperti bentuk ikan, gunakan wortel yang dibentuk seperti mata dan mulut ikan, timun kita potong menjadi ekor ikan misalnya. Silahkan anda kreasikan sendiri bentuknya, pasti anak akan lebih tertarik untuk makan.
  3. Hindari memaksa dan mengancam dalam menyuruh anak untuk makan. Untuk anak selalu gunakan gaya persuasi atau mengajak dengan membujukanya dan gunakan nada suara yang lembut serta jelaskan arti pentingnya makan untuknya.

Itulah tips yang bisa saya sarankan pada Bu Ema. Semoga dapat membantu. ^^

By: Viny Alfiani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s